Cara Mengusir Rasa Takut dan Khawatir Saat Kuliah ke Luar Negeri

Cara Mengusir Rasa Takut dan Khawatir Saat Kuliah ke Luar Negeri. Sebagai mahasiswa baru yang belum mengenal seluk-beluk dunia perkuliahan, kamu pasti akan merasakan kekhawatiran yang muncul karena lingkungan yang masih benar-benar baru, adanya senioritas di kampus, atau bahkan mendapat baying-bayang yang buruk tentang masa kuliah dari kakak tingkat. Hal ini mungkinakan sampai membuatmu terjaga sepanjang malam. Kamu harus memikirkan cara mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) yang belum pernah didapatkan di bangku sekolah, atau system kelas yang pasti akan berbeda dengan saat kamu masih SMA.

Namun, tidak perlu khawatir. Senior kamu dulu juga merasakan hal yang sama dengan yang kamu rasakan sekarang, tapi pada akhirnya mereka bisa melewatinya. Kamu juga tentu akan bisa melewatinya dengan baik asalkan mengikuti proses yang direkomendasikan.

Berikut ini adalah beberapa kekhawatiran yang seringkali terjadi pada pelajar atau mahasiswa baru serta bagaimana cara mengatasinya:

  1. Bagaimana cara mengatasi masalah tanpa keluarga dan teman-teman terdekat saat di luar negeri?

Keluarga adalah tempat dimana kamu bisa meluapkan keluh dan kesah dan akan membantu setiap masalah yang kamu punya. Namun, ketergantungan terhadap keluarga ini akan memberikan pengaruh buruk ketika kamu jauh dari mereka.

Saat kuliah di luar negeri, kamu harus belajar mandiri untuk menyiapkan segala keperluan, seperti makanan, pakaian bersih, dan lain-lain. Tentu saja, kamu akan merasa lelah dan kesepian, bahkan mungkin mengalami homesick atau kangen rumah.

Awal masa kuliah pasti akan menjadi masa tersulit bagimu. Kamu harus hidup di lingkungan baru dan menyelesaikan masalah sendiri, seperti membuat perlengkapan ospek dan mengisi KRS tanpa bantuan teman atau orang tua.

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini, kamu hanya perlu membiasakan diri dengan keadaan tersebut dan mencoba menikmatinya. Setelah beberapa lama, kamu pasti akan merasakan sensasi hidup sendiri dan belajar bagaimana hidup mandiri di tempat yang jauh dari orang tua.

Jika kesedihan dan kesepian itu belum berakhir, kamu juga bisa memanfaatkan layanan kampus seperti layanan konseling, dan lain-lain.

 

  1. Bagaimana Kalau Saya Tidak Bisa Berteman dengan Mahasiswa lain?

Berada di lingkungan baru biasanya akan menimbulkan kegelisahan di hatimu. Apalagi, jika tidak memiliki teman di lingkungan tersebut. Maka dari itu, kamu harus segera mencari teman untuk berbagi dan sekedar bercerita.

Jadilah orang yang mau terbuka dengan orang lain. Ingat, kita semua adalah makhluk social yang tidak bisa menjalani kehidupan ini sendiri.

Namun, mungkin juga kamu akan merasa khawatir untuk mencari teman; khawatir mendapat teman yang akan menjerumuskanmu ke hal-hal yang tidak baik. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Solusi: Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah kamu harus ingat bahwa teman-teman barumu di kelas semuanya juga merupakan mahasiswa baru. Mereka pun tentu memiliki kekhawatiran yang sama denganmu. Perkenalan pada saat OSPEK akan menjadi salah satu jalan bagi kamu untuk mendapatkan teman lebih baik.

Kamu pasti akan merasa nyaman jika teman tersebut memiliki kesamaan denganmu. Selain itu, kamu juga harus memberikan kepercayaan kepada teman tersebut bahwa kamu adalah orang baik-baik yang memiliki tujuan yang sama di perguruan tinggi, yaitu memperoleh ilmu yang diharapkan.

 

  1. Saat tinggal di luar negeri dimana semuanya harus serba mandiri, bagaimana caranya agar bisa memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat?

Memutuskan sesuatu adalah suatu keahlian yang harus dimiliki oleh seseorang. Untuk itu, masa perkuliahan adalah waktu yang tepat bagi kamu untuk belajar memutuskan sesuatu dengan cepat.

Kamu ingin awalnya akan merasa gugup dan bingung, serta takut menanggung risiko yang timbul. Namun, hal itu lama-lama akan pudar seiring berjalannya waktu.

Solusi: Solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah jangan menjadi stress dengan masalah yang kamu hadapi. Kamu harus tetap focus pada tujuan utama, dan mencari guru yang dapat menginspirasimu, dan lain-lain.

Cara Mengusir Rasa Takut dan Khawatir Saat Kuliah ke Luar Negeri
Foto: Pinterest

Sumber Riset: Inspirabook

Baca tips Kuliah Luar Negeri lainnya disini

http://member.daftarsb1m.net/aff/go/dangkur?i=5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *