Darimana Sumber Dana kalau Kamu Berminat Kuliah ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa?

Darimana Sumber Dana kalau Kamu Berminat Kuliah ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa? Berikut diantaranya.

Kerja Paruh Waktu

Kamu juga bisa bekerja di dalam universitas, misalnya sebagai teaching fellow, teaching assistant, researcher, assistant librarian, dan support assistant. Kamu juga bisa bekerja di luar kampus, misalnya sebagai penulis, penerjemah, tour guide, tutor, researcher, dan lain-lain.

Dana Tabungan

Biaya kuliah di luar negeri sangat memungkinkan dibayar tanpa beasiswa apabila tabungan pribadi atau keluargamu memenuhi jumlah yang pas. Jika kamu tertarik denganhal ini, kamu sangat disarankan untuk memulai menabung dari sekarang. Kurangi gaya hidup, perbanyak menabung. Kurangi pengeluaran, perbanyak pemasukan. Itu kunci pasti untuk bisa menabung.

 

Dana Pinjaman (Student Loan)

Mahasiswa yang berkuliah di luar negeri dapat membiayai kuliahnya dengan dana pinjaman (Student Loan). Dana ini dicicil saat peminjam sudah lulus kuliah dan bekerja. Biasanya, students loan baru lunas 10-20 tahun kemudian.

Kamu pernah dengar kisah salah satu pengusaha Indonesia yang kuliah di Singapura? Ya, namanya Merry Riana. Ia adalah salah satu contoh mahasiswa yang menyelesaikan kuliah di luar negeri (NTU, Singapura) dengan bantuan students loan.

 

Beasiswa dari Orang Tua

Bersyukurlah kamu yang orang tuanya bisa membiayai kuliah di luar negeri. Tanpa perlu repot-repot mendaftarkan beasiswa, kamu sudah bisa tenang dan cukup mempersiapkan persyaratan akademik untuk masuk kuliah.

Tapi, jangan pernah meremehkan derajat beasiswa dari orang tua. PErtanggungjawabkan setiap rupiah penggunaannya. Ucapkanlah terima kasih kepada mereka karena telah memberikan kesempatan kepadamu.

Tunjukkan juga rasa terima kasihmu denga prestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik. Lebih bagus lagi kalau secepat mungkin kamu mandiri dan katakana bahwa kamu tidak perlu dikirimi uang bulanan lagi.

 

Sumbangan Individu Potensial

Ada banyak orang baik di dunia. Banyak dari mereka yang ingin melakukan kebaikan dengan cara mendukung kaum muda untuk pendidikan. Jika kamu cukup beruntung untuk berada dekat dengan mereka, mereka akan dengan senang hati membiayai dirimu kuliah di luar negeri.

Kamu bisa mendekati donator individu yang potensial, misalnya alumni asal Indonesia dari sekolah yang kamu tuju. Kamu bisa melakukan kampanye pengumpulan sumbangan dari masyarakat luas.

Faktanya, tidak sedikit juga orang-orang yang mengumpulkan sumbangan agar bisa kuliah. Mereka sukses membiayai sekolahnya. Setiap semester, mereka memberikan laporan dan ucapan terima kasih bagi para donator. Melalui teknik ini, beban yang ada bisa didistribusikan ke banyak orang.

Gimana temans, sudah terbuka kan wawasan kalian tentang Darimana Sumber Dana kalau Kamu Berminat Kuliah ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa? 

Darimana Sumber Dana kalau Kamu Berminat Kuliah ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa? 
Foto: Pinterest

Sumber Riset: Inspirabook

Baca tips Kuliah Luar Negeri lainnya disini

http://member.daftarsb1m.net/aff/go/dangkur?i=5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *