Ingin Kuliah ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa?

Ingin Kuliah ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa? Berikut ini adalah cara-caranya:

Daftar Sendiri

Dalam proses ini, semuanya harus kamu urus sendiri, mulai dari mengambil formulir secara online, mengisinya, melengkapi dengan dokumen yang diperlukan, membayar biata pendaftaran, hingga akhirnya mengirimkan balik ke universitas.

Biasanya, biaya pendaftaran universitas asing tidak bisa dikembalikan. Kalau tidak keterima, uang pendaftaran tersebut akan hangus.

Proses mendaftar sendiri ini memang jarang dilakukan, karena tentu terlihat sangat rumit. Walaupun demikian, dengan makin majunya akses informasi, hal ini bukannya tidak mungkin. Semua bisa dilaksanakan dengan internet, mulai dari awal hingga akhir.

Kamu harus mencermati semua peryaratan dengan detail, dan alangkah baiknya bila menjalin korespondensi dengan salah satu pihak yang mengurusi pendaftaran di universitas.

 

Daftar Melalui Konsultan Pendidikan Luar Negeri

Pendaftaran melalui konsultan pendidikan jauh lebih simple. Tidak hanya mengurus pendaftaran dan semua hal yang berkaitan dengannya, konsultan pendidikan juga akan “memilihkan” dan memberi saran universitas-universitas yang paling cocok untukmu.

Semua akan diuruskan, mulai dari pendaftaran, tiket pesawat, hingga mencarikan tempat tinggal saat nantinya kamu belajar disana.

Penggunaan jasa konsultan pendidikan tidaklah murah. Kamu harus membayar jumlah uang yang cukup mahal untuk jasa konsultan pendidikan tersebut.

Satu hal yang pasti, selalu gunakan jasa konsultan yang sudah terkenal dan punya nama besar. Hal ini berguna untuk menghindari penipuan. Dengan begitu, kamu akan lebih merasa aman jika konsultan yang membantumu adalah konsultan yang credible atau reputasinya bagus.

Didaftarkan oleh Pelajar Indonesia yang Sedang Kuliah di Negara Tersebut

Proses ini sedikit lebih disukai oleh para pelajar Indonesia yang berniat kuliah ke luar negeri. Caranya cukup mudah: Masuk saja ke grup Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), dan mintalah bantuan ke salah satu pelajar disana untuk mendaftarkanmu di salah satu universitas. Nantinya, semua berkasmu akan dikirimkan ke pelajar yang bersangkutan.

Pelajar tersebutlah yang akan memasukkan dokumen-dokumenmu ke universitas pilihan. Ia juga yang akan mengurus surat penerimaan (LoA) dab segala hal yang berhubungan dengan proses administrasi. Cara ini lebih disukai daripada menggunakan konsultan pendidikan, karena biayanya pasti lebih murah.

Para mahasiswa Indonesia ini bahkan biasanya tidak mematok biaya terlalu mahal, karena tujuan mereka adalah membantu sesama. Kamu cukup mengganti uang lelah saat mereka bolak-balik ke universitas. Walaupun demikian, karena para mahasiswa tersebut bukan konsultan professional, kamu harus benar-benar memastikan bahwa dokumenmu akan dimasukkan sebelum waktu pendaftaran berakhir.

 

Langkah-langkah Umum dalam Mendaftarkan Diri Kuliah ke Luar Negeri tanpa Beasiswa:

  • Menentukan universitas tujuan
  • Mengunduh formulir pendaftaran
  • Mengisi formulir pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran
  • Mengirimkan formulir pendaftaran yang sudah dilengkapi dengan dokumen-dokumen yang diperlukan
  • Mengikuti tes tertulis dan/atau tes wawancara, bila diperlukan. Jika tes tidak bisa dilakukan dari Indonesia, kamu harus terlebih dahulu datang ke Negara tersebut dengan visa turis
  • Jika kamu dinyatakan diterima, kamu akan mendapatkan “Letter of Acceptance” (LoA) atau “Surat Penerimaan”. LoA inilah yang bisa kamu bawa untuk membuat visa. Dengan LoA di tangan, kamu juga akan lebih mudah dalam mengajukan pinjaman uang kuliah (Student Loans), mencari sponsor maupun donatur.

Gimana temans, Ingin Kuliah ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa? Semangat yaa…

Ingin Kuliah ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa?
Foto: Pinterest

Sumber Riset: Inspirabook

Baca tips Kuliah Luar Negeri lainnya disini

http://member.daftarsb1m.net/aff/go/dangkur?i=5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *