Tahapan Tes Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Tahapan Tes Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri. 

Setelah mencari informasi seputar beasiswa tersebut, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengetahui jenis tes yang harus kamu tempuh sebelum dinyatakan resmi mendapatkan beasiswa tersebut. Biasanya, tes beasiswa terbagi menjadi tiga:

  1. Tes Dokumen

Kamu diminta mengirimkan dokumen-dokumen dengan kriteria tertentu. Misalnya, ijazah yang menunjukkan kalau IPK-mu tidak kurang dari 3.0 dan sertifikat TOEFL yang menyatakan skormu diatas 500.

Berbagai hal yang harus dipersiapkan untuk tes dokumen, antara lain:

  • Ijazah terakhir yang diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah
  • CV dan Motivatiion Letter
  • Transkip nilai sebelumnya, dan Formulir beasiswa yang diisi lengkap

 

Usahakan dokumen yang dikumpulkan adalalah yang terbaru, lengkap, dan rapi

 

  1. Tes Tertulis

Setelah dinyatakan lulus tes dokumen, tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah tes tertulis. Tes ini biasanya hanya dilakukan di kota-kota besar sehingga ada kemungkinan kamu harus bepergian ke luar kota.

Dalam tes tertulis, kamu harus menjawab soal-soal yang berhubungan dengan bidang studimu, tes kemampuan bahasa Ingrris, tes skolastik, atau tes motivasi dengan membuat esai.

 

Jangan terburu- buru mengerjakan. Optimalkan waktu, bukan maksimalkan waktu

 

  1. Tes Wawancara

Jika dinyatakan lulus tes tertulis, kamu akan dipanggil untuk menjalani tes wawancara. Wawancara biasanya mengetes komitmen, wawasan, serta kesiapanmu dalam belajar di Negara asing. Biasanya, kamu harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang langsung diajukan oleh pemberi beasiswa.

Ingat, format tes beasiswa tidak sama satu dengan lainnya. Ada tes beasiswa yang langsung menggabungkan tes tertulis dengan tes dokumen, ada yang langsung masuk ke tes tertulis, dan ada pula yang hanya menggunakan tes dokumen dan tes wawancara.

Jenis-jenis tes tertulis yang diajukan pun berbeda-beda: Ada yang mensyaratkan kamu untuk mengikuti tes bahasa asing Negara tertentu (misal saat melamar beasiswa APU di Jepang) dan ada yang mengharuskan pula kamu mengambil tes intelegensi dan skolastik.

Namun, ada pula tes tertulis beasiswa yang hanya menguji kemampuan dasar matematika, pengetahuan umum, dan kemampuan bahasa Inggris. Perhatikan dengan seksama, seperti apa tes beasiswa yang akan kamu ambil.

Langkah selanjutnya adalah menunggu hasil tes beasiswa. Jika diterima, kamu akan mendapatkan Letter of Acceptance (Sering disebut denga LoA) dari universitas yang ditentukan, LoA inilah yang nantinya akan kamu gunakan untuk membuat visa ke ngara tujuanmu.

 

Tak perlu takut, pewawancara juga manusia biasa

Itulah tadi Tahapan Tes Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri, semoga bermanfaat temans.

Tahapan Tes Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri
Foto: Pinterest

Sumber Riset: Inspirabook

Baca tips Kuliah Luar Negeri lainnya disini

http://member.daftarsb1m.net/aff/go/dangkur?i=5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *