Apakah Konten Viral Lebih Merupakan Seni atau Ilmu Pengetahuan?

Apakah Konten Viral Lebih Merupakan Seni atau Ilmu Pengetahuan? Discovery bertaruh $ 100 juta untuk menjadikan ini sebuah ilmu. Dan mereka bertaruh bukan pada satu orang, tetapi pada seluruh keluarga.

Keluarga Lerer: Ayah, Kenneth Lerer (yang menciptakan NowThis), putranya, Ben (yang menciptakan Thrillist) dan putrinya, Izzie (yang menciptakan The Dodo).

Setelah investasi dari Discovery pada 2017 lalu, perusahaan Sembilan Grup Media baru yang mereka miliki (yang dijalankan oleh Ben) ini menjadi bernilai $ 550 juta.

Apa rahasia kesuksesan virus mereka?

1) Pelajari Saus Rahasia (Secret Sauce)

Perjalanan dimulai ketika Kenneth bertemu Jonah Peretti, yang terkenal karena lelucon viralnya pada 2005 dan berkata, “Saya tahu bisnis, Anda tahu internet, mari kita lakukan sesuatu bersama”

Seperti yang diingat Jonah, “Kami tidak yakin dengan apa yang akan kami lakukan. Kemudian ia pergi ke LA dan bertemu dengan Arianna”.

Arianna adalah Arianna Huffington, dan keduanya bekerja dengannya menggunakan formula viral Jonah untuk meluncurkan The Huffington Post (yang kemudian dijual ke AOL enam tahun kemudian seharga $ 315 juta).

2) Tambahkan Rasa Ekstra (Add extra flavors)

Terinspirasi oleh usaha pertama mereka, keduanya meluncurkan BuzzFeed pada tahun 2006 (yang mencapai penilaian $ 1,5 miliar setelah investasi $ 200 juta dari NBC tahun 2016 yang lalu). 

Sementara Jonah terus di sana sebagai CEO, Kenneth terus mengulangi formula, pertama sebagai investor & Anggota Dewan Business Insider yang dijual dengan nilai $ 400 juta yang kemudian keuntungannya dibuat untuk perangkat mobile NowThis, lalu kemudian Thrillist (yang dijalankan oleh putranya) dan berikutnya ia juga membuat software untuk pecinta hewan (The Dodo) yang dijalankan oleh putrinya.

3) Bagikan resepnya (Share the recipe)

Dalam proses memulai begitu banyak usaha viral bernilai jutaan dolar, apa yang menciptakan konten viral telah menjadi rahasia umum selama ini. Jonah Peretti membagikan presentasi enam tahun lalu yang disebut:

Bagaimana membuat konten Anda menjadi gila-gilaan viral?

Anda dapat lihat materinya di sini: http://bit.ly/insanely-viral

Apakah Konten Viral Lebih Merupakan Seni atau Ilmu Pengetahuan?
Apakah Konten Viral Lebih Merupakan Seni atau Ilmu Pengetahuan?

Terkadang tempat persembunyian terbaik adalah yang terlihat jelas

~ Stephenie Meyer

Pada tahun yang sama, ia memberikan Presentasi tentang 5 Metrik Virus yang dapat Anda lihat di sini: http://bit.ly/5-viral-metrics

 

Berikut adalah ringkasannya:

1. Viral MediaAktifkan BWN (Bored at Work Network) / Bosan di Jaringan Kerja 

2. Mullet Strategy – Business upfront, party in the back! (Bisnis dimuka, pesta di belakang!)

3. Big Seed Marketing – Pay for the seed, optimize for viral lift (Bayar benihnya, optimalkan untuk peningkatan viral)

4. Maniacs – Target crazy people, not couch potatoes (Targetkan orang gila, bukan couch potato)

5. Mormonism – Quality is not enough, build evangelism into your ideas (Kualitas tidak cukup, bangunlah penginjilan ke dalam ide-ide Anda)

 

Kenneth, Izzie, Ben dan Jonah telah mengikuti langkah-langkah ini untuk menciptakan satu demi satu bisnis, masing-masing bernilai lebih dari $ 100 juta dan jika digabungkan bernilai lebih dari $ 3 miliar.

Langkah serupa apa yang dapat Anda ambil dalam bisnis Anda hari ini?

 

Sumber: Buku Entrepreneur Inspiration by Roger James Hamilton klik gambar dibawah untuk dapatkan bukunya FREE

Entrepreneur Inspiration Book

Dapatkan artikel tentang StartUp dan Entrepreneur lainnya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *