Konsep Kewirausahaan dan Kewirausahaan Sosial

Konsep Kewirausahaan dan Kewirausahaan Sosial. Muhammad Yunus berkata,

“All human beings in the world are entrerpreneur, it is in our body, it is in our blood”

Bahwa semua orang adalah wirausaha, jiwa kewirausahaan ini ada pada diri kita, ada pada darah kita.

Professor Muhammad Yunus. (Foto: youtube.com)

Yuk simak Case Study berikut ini:

Saat negara kita dilanda bencana, tragedi kemanusiaan, peristiwa politik, lalu banyak bala bantuan datang dari luar negeri, pada saat itu pihak asing yang ingin mempromosikan demokrasi ingin memberikan bantuan dan membawa uang yang banyak tetapi pelaku nya sedikit, namun seiring berjalan nya waktu uang berpindah ke negara lain yang juga membutuhkan, ketika proses di negara kita sudah selesai. Lalu kemudian LSM kita kesulitan bagaimana mendapatkan dana, karna menjadi aktivis tidak cukup hanya dengan proposal untuk meminta sumbangan.

Maka dari itu kita harus bertransformasi menjadi Wirausaha Sosial. Yang pintar mencari kesempatan dan membiayai kegiatan ekonomi serta perubahan yang dilakukan. Dan itu akan menjadi manusia yang lebih terhormat. Maka dari itu LSM harus berubah menjadi Social Entrepreneur atau Kewirausahaan Sosial.

Demikian juga pada kepala Pemerintahan. Harus memiliki jiwa Kewirausahaan Sosial, seperti:

  • Memberikan Pelayanan (Customer service section)
  • Memilih The right man in the right place
  • Mengatasi problem dan merubahnya menjadi opportunity
  • Mengenali apa kebutuhan masyarakat
  • Bagaimana caranya agar bisa membuat karya yang menimbulkan impact
  • Konsep Design nya bagaimana agar bikin orang nyaman ketika melihatnya
  • Penetapan pricing nya bagaimana

Strategi dalam Marketing, hanya akan menjadi rencana. Marketing baru akan menjadi entrepreneurship ketika plan itu dieksekusi di lapangan. Ketika kita menghadapi berbagai benturan lalu menyesuaikan diri dan mengambil resiko.

Seorang entrepreneur harus memikirkan apa yang baik bagi masyarakat, dan harus menciptakan sesuatu hal yang baru. Manusia harus dilatih untuk berfikir, sebagai seorang driver.

Case Study selanjutnya bisa kita ambil dari Edmond Albius:

Ia adalah seorang anak budak di Afrika Selatan di sebuah pulau kecil Bordbrong, jajahan Prancis, yang bekerja di sebuah perkebunan. Si Pemilik kebun memiliki sebuah pohon yang sudah ratusan tahun dipelihara dan tidak berbuah.

Pohon itu adalah pohon vanilla. Menurut penelitian Charles Darwin itu hanya akan tumbuh di Meksiko, karna ada sejenis kumbang yang melakukan sesuatu disana. Yang belakangan disebut sebagai penyerbukan silang.

Meskipun Edmond tidak mengerti itu, tetapi Edmond mau berpikir dan bertanya kenapa pohon tersebut tidak menghasilkan apa-apa. Dan tuan nya mengatakan pohon tersebut hanya berbuah di Meksiko saja.

Tetapi kemudian Edmond Albius iseng-iseng mencoba nya, hingga akhirnya ia menemukan. Dan akhirnya diseluruh dunia kita menyaksikan di banyak negara tropis vanilla dapat tumbuh dan berbunga.

Sama juga seperti Case Study seorang Dokter di John Hopkins University:

Suatu ketika sang Dokter terganggu mendengar berita banyak sekali anak-anak yang meninggal karena terserang Blue Baby. Bayi yang tiba-tiba lebam biru dan umurnya hanya 1 atau 2 bulan sudah meninggal karna ada masalah di jantung nya. Pada waktu itu orang-orang percaya bahwa jantung adalah rumah Tuhan dan tidak boleh disentuh.

Tapi Dokter ini kemudian mengambil langkah, dia berfikir harus menyelamatkan anak-anak ini. Lalu dokter ini mendatangi seorang tukang yang bernama Vivien, warga kulit hitam. Sempat menjadi masalah diawalnya karna pada saat itu Amerika terjadi politik Segregasi (Orang kulit hitam benar-benar didiskriminasi).

Namun karna tukang bangunan itu bisa menolong sang dokter untuk memasangkan selang plastic, maka mereka mencobanya dan awalnya mereka membedah anjing sebagai percobaan. Anjing pertama yang mereka bedah jantungnya meninggal dunia, mereka frustasi dan sedih sekali apalagi disana anjing itu dianggap sebagai bagian dari keluarga.

Setelah itu mereka mencoba nya lagi dan kali ini berhasil. Dua orang ini melewati tantangan zaman dan kemudian mencobanya pada seorang manusia, yang pada saat itu dunia mulai menyaksikan operasi pertama yang berhasil. Ini merupakan awal-awal dari inovasi-inovasi lainnya pada operasi jantung. Yang kemudian Vivien juga diberi gelar doctor.

3chicspolitico.com
Dr alfred blalock and Dr vivien thomas. Foto: 3chicspolitico.com

Dari beberapa contoh diatas dapat disimpulkan bahwa kita semua memerlukan jiwa Kewirausahan, inilah yang disebut semua orang pada dasarnya adalah wirausaha.

Sumber: Kursus The Art of StartUp di Indonesia X oleh Prof. Rhenald Kasali

Teman-teman bisa ikut kursusnya secara GRATIS Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *